top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

BAHAN RAYON: BAHAN KAIN PENGGANTI SUTRA


bahan kain rayon polos
Bahan rayon polos

Halo semua, kembali di #kainspirasi blog! Blog seputar dunia tekstil, tren dan juga tips dan trick edukatif persembahan kain.id!


Semua pasti tau dengan bahan rayon yang terkenal nyaman dan lembut banget saat digunakan. Nah bahan ini dulunya dibuat untuk menggantikan sutra loh. Dikarenakan produksi sutra yang begitu mahal, tidak semua orang mampu untuk menggunakan beberapa jenis pakaian yang biasa dibuat menggunakan sutra.



Nah pada tahun 1884, Hilaire de Chardonnet, yang merupakan engineer dan industrialist menemukan bahwa nitroselulosa dari wood pulp dapat diubah menjadi serat, benang dan kain. Sejak saat ini lah rayon ditemukan dan dikenal sebagai “Artificial Silk”.


Rayon inventor
Count Hilaire de Chardonnet, source wikipedia
rayon dress
woman with rayon dress, source wikipedia


Meski ditemukan 40 tahun lebih awal, rayon baru populer sebagai kain fashion di tahun 1920an. Di masa ini akhirnya wanita bisa memakai tipe baju/gaun yang biasa hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang mampu membeli sutra.


Di akhir 1930, produksi pakaian berbahan dasar rayon sudah 6x lebih banyak dari pakaian sutra.


rayon pink
pink rayon, source museumtextiles.com

Lalu kenapa bahan ini dinamakan rayon? Ternyata dinamakan rayon karena sifat nya yang berkilau dan memantulkan sinar matahari (Ray ON atau RAY of lights)



Karakteristik dan kelebihan apalagi yang dimiliki oleh RAYON?

Kain rayon ringan tapi tidak menerawang

Kain rayon adem dan dingin sehingga nyaman saat digunakan

Bahan rayon juga cukup baik dalam menyerap keringat


rayon polos
pilihan warna rayon polos
rayon biru muda
light blue rayon

Rayon sekarang ini populer digunakan untuk baju santai untuk digunakan di rumah, baju yang tidak terlalu formal, dan untuk liburan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, dan banyak orang menghabiskan mayoritas waktunya di rumah, kebutuhan rayon di pasaran semakin meningkat.



Lalu apa kekurangannya kain rayon?

Dikarenakan karakternya yang ringan dan tipis, kain rayon ini mudah kusut dan tidak begitu kuat juga dibanding dengan jenis kain lain.

Kain rayon juga mudah terbakar sehingga mesti hati-hati bila beraktivitas dekat dengan api.


Demikian pembahasan kali ini tentang bahan rayon dan kenapa bahan ini bisa disebut sebagai “pengganti sutra”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.



PS: Jangan lupa! Jika kalian sedang mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, bisa langsung hubungi kain.id di 0811-8508-188 (Wa/Telp) untuk langsung konsultasikan kebutuhan kain kalian! KainExpert kami akan siap membantu dan pastinya belanja kain, kini gak ribet lagi!


Follow Facebook dan Instagram kita di @kain.idofficial untuk mendapatkan promo dan update terbaru dari Kain.id



17 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page