top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

Alasan Bahan Polyester Tetap Relevan dengan Market Saat Ini



Halo semua, kembali di #kainspirasi blog! Blog seputar dunia tekstil, tren dan juga tips dan trick edukatif persembahan kain.id!


Semua pasti tau dong, dalam metode pembentukan kain, ada yang dibuat dengan serat natural dan juga yang dibuat dari serat buatan manusia alias sintetik. Nah, kalau yang dibuat dari serat natural kan sudah sering banget dibahas, maka kali ini yang akan jadi topik pembahasan kita adalah bahan kain yang terbuat dari serat plastik atau yang dikenal juga dengan kain polyester. Mari kita kupas tuntas mengapa bahan polyester bisa begitu popular dan relevan hingga saat ini!


bahan polyester
ilustrilasi kain polyester, foto dari indonesian.breathableoutdoorfabric.com

Apakah Itu Kain Polyester?


Kain polyester adalah salah satu kain dengan serat sintetik paling populer yang pernah diciptakan umat manusia. Polyester adalah istilah umum untuk setiap kain atau tekstil, yang dibuat menggunakan benang atau serat polimer sintetis yang dibuat dengan mencampurkan etilen glikol dan asam tereftalat. Kedengarannya sangat ilmiah, tetapi bahasa gampangnya itu adalah sejenis plastik



Sepak Terjang Kain Polyester di Dunia Fashion


Kain ini pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh ilmuwan kimia asal Inggris John Whinfield dan James Dickson dan mencapai puncak popularitasnya di tahun 1970-an karena sebuah campaign yang menggambarkan kain polyester sebagai “kain ajaib yang tetap terlihat cantik meski tidak pernah disetrika selama 68 hari”. Di masa itu, kain polyester terlihat sangat kaku, plastik, murahan dan tidak nyaman. Sangat berbeda dengan polyester yang kita kenal pada masa ini.

baju dari bahan polyester
poster busana polyester 1970-an, foto dari pinterest

Berbagai Keunggulan Kain Polyester


Kain polyester adalah salah satu kain multifungsi yang dapat diolah menjadi berbagai jenis pakaian, bahan furniture, sepatu, tas dan juga dekorasi. Pada pakaian, seringkali polyester akan dikombinasikan dengan bahan utama untuk membuat pakaian tidak mudah lecek dan terlihat lebih menarik. Kandungan polyester yang dicampurkan biasanya akan terlihat pada label pakaian.



Selain membuat pakaian tidak mudah lecek, kain polyester juga memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut:

  1. Polyester sangat awet dan tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia

  2. Tidak mudah menyusut, renggang dan tahan terhadap goresan. Hal ini membuat kain ini sangat populer di industri fashion.

  3. Seratnya sangat kuat namun ringan dan mudah diwarnai

  4. Sangat baik mempertahankan bentuk busana

  5. Perawatan mudah dan cepat kering membuatnya sangat populer untuk berbagai pakaian olahraga.


Sportswear polyester
ilustrasi sportswear, foto dari www.enerskin.com

Kemajuan teknologi secara dramatis meningkatkan kesan dan kualitas tampilan polyester sehingga dapat menyatu dengan kain yang lebih alami dan mahal. Kain polyester berkualitas tinggi di masa kini dapat membuat sebuah pakaian terlihat seindah sutra dan wol asli dan sulit dibedakan oleh mata yang tidak terlatih. Sungguh luar biasa bukan? Inilah yang membuat kain polyester selalu menjadi alternatif yang menarik untuk dilihat dari segi produksi dan membuatnya tetap relevan hingga saat ini.



Demikianlah pembahasan tentang kain polyester dan mengapa ia bisa tetap relevan hingga saat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di blog berikutnya!


PS: Jangan lupa! Jika kalian sedang mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, bisa langsung hubungi kain.id di 0811-8508-188 (Wa/Telp) untuk langsung konsultasikan kebutuhan kain kalian! KainExpert kami akan siap membantu dan pastinya belanja kain, kini gak ribet lagi!




6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page