Search

Mengenal Lebih Jauh Bahan Twill, Jenis dan Penggunaannya

Updated: Jan 22

Halo semua! Kembali lagi di blog #kainspirasi by Kain.id! Blog inspiratif yang akan ngebahas seputar dunia tekstil, tren dan juga tips and trick edukatif!


Nah, kali ini, kita mau ngebahas satu kain yang cukup populer di pasaran. Kalau kamu salah satu penggemar celana chino atau denim, kamu pasti familiar dengan jenis kain yang satu ini: Twill! Yuk, kita bahas lebih lanjut!


bahan twill
Tekstur bahan twill, foto dari Qingdao Lavender co.ltd

Kain twill adalah kain yang dibuat dengan teknik anyaman khusus untuk menciptakan satu tekstur diagonal yang rapat di seluruh permukaan kain. Jika kamu pernah mendengar tentang kain drill yang populer untuk pembuatan seragam dan celana kerja, kedua bahan ini memiliki tekstur yang hampir sama.

Baca juga : Mengenal Sifon atau Chiffon, Bahan Dasar Gaun Wanita yang Cantik

Bahan twill adalah bahan yang sangat multifungsi dan memiliki beragam gramasi, mulai dari tipis ke tebal. Bahan ini cocok untuk dibuat berbagai jenis atasan, celana, gamis dan tunik, beberapa bahkan menggunakan bahan ini untuk membuat aksesoris ataupun tas.


Penggunaan Katun Twill


  1. Untuk Pembuatan Pakaian: Celana, denim, polo shirt, pakaian dalam, jaket.

  2. Untuk Pembuatan Home Textiles: Sprei, selimut, matras, duvet.

  3. Untuk Pembuatan Peralatan Rumah Tangga: Taplak meja, hordeng, handuk, karpet dan dekorasi dinding.


Harga kain twill juga tergantung dari serat yang digunakan, negara pembuatnya dan proses pembuatannya. Beberapa pabrik mungkin memproduksi tekstil ini lebih ahli daripada yang lain, dan itu pastinya akan membuat harga kain menjadi lebih murah bagi pedagang grosir. Selain itu, meskipun kapas dan polyester kira-kira sama harganya, jenis kapas khusus tertentu, seperti kapas Supima, akan menghasilkan bahan yang harganya jauh lebih mahal daripada kapas ataupun polyester biasa.


bahan twill
celana chino, foto dari Catamini USA

Perkembangan Tekstur Bahan Twill


Seiring dengan berkembangnya zaman, kain twill pun ikut berevolusi dan diadaptasi ke berbagai jenis kain. Beberapa jenis kain twill yang sering kita temukan di pasaran adalah sebagai berikut:


  1. Twill Natural: Kain twill yang terbuat dari bahan yang berasal dari serat alam seperti: kapas dan rayon. Kita biasanya menyebutnya sebagai katun twill atau rayon twill. Kedua jenis kain twill ini adalah kain yang paling sering kita temukan di pasaran karena keduanya cukup kuat dan nyaman ketika dibuat sebagai pakaian.

  2. Twill Sintetik: Serat pembentuknya dibuat dari bahan buatan manusia seperti polyester atau yang dikenal juga sebagai poly twill.

  3. Twill Diamond: Jenis twill satu ini sangatlah unik, karena anyamannya disusun sejajar, sehingga jika dilihat secara keseluruhan, polanya membentuk corak wajik. Biasanya jenis twill ini sering ditemukan pada karpet.

  4. Zigzag Twill: Bahan twill ini memiliki permukaan tekstur diagonal zigzag.


Nah, jadi sebenarnya bahan twill ini dapat ditemukan di banyak jenis kain dan cukup populer di seluruh dunia karena metode pembentukannya membuat struktur kain keseluruhan menjadi lebih kuat, sehingga barang yang dibuat menjadi lebih awet dan tahan lama. Di Indonesia sendiri, harga bahan twill cukup beragam, mulai dari 20.000 - 30.000 rupiah per yard tergantung dari serat yang digunakan dan jumlah pembelian pastinya.


Baca Juga : "Alasan Bahan Polyester Tetap Relevan dengan Market Saat Ini"

Demikianlah #kainspirasi kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!


PS: Jika kamu bingung mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, langsung aja hubungi Kain.id di 0811-889-858 (WhatsApp/Call) dan konsultasikan kebutuhan kain kamu! Belanja kain, kini gak ribet lagi!



93 views0 comments