Search

Bahan Sifon atau Chiffon: Bahan Dasar Gaun Wanita yang Cantik

Updated: Feb 2


kain sifon

Kainspirasi hari ini akan membahas kain yang biasanya identik dengan gaun pengantin, baju pesta dan berbagai busana wanita lainnya. Penasaran dengan bahan apa sih yang membuat gaun-gaun tersebut terlihat cantik, elegan, jatuh dan lembut?


Baca juga : "Alasan Bahan Polyester Tetap Relevan dengan Market Saat Ini"

Yaa, bahan yang dimaksud adalah bahan kain sifon atau chiffon. Kain ini memang populer banget di kalangan wanita terutama karena memiliki karakteristik yang elegan, jatuh, dan lembut. Selain untuk gaun wanita kain sifon ini juga terkadang digunakan untuk membuat pakaian formal, scarf, gamis pesta, dan masih banyak lainnya.


Bahan dasar sifon sendiri dikelompokan menjadi 3 kelompok.

  1. Sifon serat alami Sifon kelompok ini dibuat dari serat alami dan natural, contohnya sifon sutra dan sifon katun. Sifon sutra sendiri adalah sifon yang memiliki harga paling mahal diantara yang lainnya. Sifon ini memang paling cantik dan elegan tapi jenis sifon ini perawatan nya musti ekstra hati-hati karena mudah robek.

  2. Sifon serat sintetis Sifon rayon, sifon polyester, sifon nilon termasuk di kategori sifon sintetis. Memiliki karakteristik yang lebih kuat dibandingkan sifon alami.

  3. Sifon serat campuran Sifon ini adalah sifon campuran antara serat alami dan serat sintetis contohnya adalah sifon blend, sifon hycon, sifon crepe. Sifon kelompok ini juga cukup populer saat ini. Dengan harga yang lebih terjangkau tapi tetap memiliki karakteristik yang cantik.

Baca juga : "Mengenal Lebih Jauh Bahan Twill, Jenis dan Penggunaannya"

Kainspirasi kini akan bagi-bagi tips khusus untuk menjaga kain sifon agar tidak cepat rusak

  • Pada saat mencuci, disarankan agar mencucinya secara manual menggunakan tangan juga lebih baik menghindari kimia dari pewangi dan pelembut pakaian

  • Sifon memiliki karakter cepat kering, jadi tidak perlu diperas saat mengeringkan kain sifon. Bila diperas bisa membuat kain sifon menjadi rusak

  • Saat menjemur kain sifon lebih baik hindari kontak langsung dengan matahari agar warna dari kain sifon tidak rusak. Terkena angin saja sudah cukup

  • Saat penyimpanan lebih baik dilipat dan tidak digantung agar kain tidak cepat melar


Sekian Kainspirasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.


PS: Jangan lupa! Jika kalian sedang mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, bisa langsung hubungi kain.id di 0811-8508-188 (Wa/Telp) untuk langsung konsultasikan kebutuhan kain kalian! KainExpert kami akan siap membantu dan pastinya belanja kain, kini gak ribet lagi!




53 views0 comments