top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kain Spunbond serta Harga permeter


spunbond
source : https://www.facebook.com/bahankaintas/posts/kain-spunbond-furing-kertas-harga-5000mkain-spunbond-merupakan-sejenis-kain-furi/474503249409514/

Kainspirasi hari ini akan membahas kain yang saat ini lagi populer banget di seluruh dunia yaitu Kain Spunbond. Kenapa kain ini bisa populer? Karena bahan ini digunakan hampir di setiap mini market, restoran dan mayoritas retail untuk menggantikan shopping bag sekali pakai yang terbuat dari plastik dan kertas.


Selain digunakan menjadi shopping bag dan goodie bag, bahan ini juga populer digunakan sebagai bahan untuk membuat masker.


Nama kain spunbond diambil dari metode pembuatannya yaitu dengan memutar atau mengaduk (spun) serat polypropilne atau biji plastik (biasanya berasal dari dari plastik daur ulang) yang kemudian dilumerkan dan dicetak dengan proses bonding menghasilkan lembaran yang kuat dan padat.


Kelebihan Kain Spunbond

  1. Lebih ramah lingkungan karena mudah didaur ulang

  2. Kebanyakan terbuat dari biji plastik daur ulang

  3. Memiliki banyak warna

  4. Memliki ketebalan yang beragam tergantung kebutuhan

  5. Kuat dan dapat digunakan berulang kali

Kekurangan Kain Spunbond

  1. Harga lebih mahal

  2. Variasi produk yang bisa dibuat lebih terbatas dari plastik

Jenis-jenis kain Spunbond

  • Kain spunbond 25-50gr

Bahan kain spubond ini merupakan tipe yang paling tipis. Tipe ini biasa digunakan untuk pembungkus tas, sepatu, atau dompet. Harganya pun paling murah diatara tipe lainnya. Harga bahan kain spunbond 25-50gr berkisar diangka 3rb-5rb/meter.

  • Kain spunbond 55-75gr

Goodie bag spunbond
Goodie bag spunbond

Bahan Kain spunbond tipe ini merupakan yang paling banyak digunakan sebagai shopping bag/goodie bag. Tipe ini memiliki ketebalan sedang sehingga lebih mudah untuk dijahit dan dikombinasi dengan bahan lainnya. Harga bahan kain spunbond 55-75gr berkisar diangka 6rb-8rb/meter.


  • Kain spunbond 100gr

Tipe ini merupakan tipe spunbond yang paling tebal dan memiliki harga paling mahal dari tipe lainnya. Tipe bahan ini tebal dan kuat, sehingga biasa digunakan untuk membawa barang-barang yang berat. Harga bahan kain spunbond 100gr berkisar diangka 9rb-12rb/meter. Itulah mengapa spunbond begitu populer saat ini. Karena harga yang tergolong murah sampai mendukung GO GREEN, spunbond kini menjadi favorit untuk digunakan di berbagai macam kebutuhan saat ini.


Demikian kainspirasi kali ini! Semoga artikel ini bermanfaat ya guys! Sampai jumpa di kainspirasi berikutnya!




Recent Posts

See All
bottom of page