top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

10 Jenis Kain Katun yang Menguasai Pasar Tahun 2020


Katun oxford
Tekstur Katun Oxford

Halo, kembali di #kainspirasi blog! Blog seputar dunia tekstil, tren dan juga tips dan trick edukatif persembahan kain.id!


Di edisi kali ini, kita mau bahas satu kain yang paling sering kita jumpai di dunia fashion, yaitu kain katun. Bahan ini pasti akan kamu temukan di berbagai brand ternama di seluruh dunia. Biar gak penasaran, yuk kita bahas!


Kain katun dibuat dari serat kapas alami yang ditenun menjadi benang tenun. Bahan ini sangat digemari oleh masyarakat yang hidup di iklim tropis karena memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Adem dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik

  2. Ringan dan lembut di kulit

  3. Tidak mudah menyebabkan alergi

  4. Kuat, tahan lama dan perawatannya mudah


kaos Katun
Contoh Kaos Katun

Bahan katun cocok untuk membuat berbagai jenis pakaian. Di masa pandemi seperti ini, kain katun menjadi lebih populer karena konsumen lebih mencari pakaian yang rileks dan nyaman digunakan.


Jenis jenis katun yang ada di market sangat banyak sekali. Berikut adalah rangkuman #Kainspirasi tentang 10 jenis kain katun yang paling populer di market tekstil Indonesia tahun 2020 kemarin. Biar gak penasaran, yuk kita bahas!


  1. KATUN JEPANG Katun Jepang adalah bahan katun yang tergolong premium karena tampilannya yang sedikit glossy sehingga pakaian yang dibuat terlihat lebih elegan namun tetap nyaman dan lembut di kulit. Biasa digunakan menjadi kebaya, kimono ataupun set piyama.

  2. KATUN COMBED Ini katun yang paling favorit digunakan sebagai bahan pembuat kaos. Permukaan nya yang lembut, tidak berbulu, adem, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Raja dari segmen kaos saat ini.

  3. KATUN SILK Katun Silk adalah campuran katun dan sutra. Memiliki tampilan permukaan yang licin seperti sutra, tapi adem seperti katun. Favorit digunakan menjadi batik, mukena, hijab dan masih banyak lainnya.

  4. KATUN RAYON Katun Rayon adalah campuran dari serat alami katun dan serat rayon. Perpaduannya menghasilkan kain yang terlihat lebih licin dan ringan, tapi tidak menerawang. Sering digunakan untuk membuat gamis ataupun tunik.

  5. KATUN LINEN Ini jenis katun yang sekarang ini sedang populer untuk untuk dibuat kemeja. Produk yang dihasilkan membuat pakaian terlihat memiliki tekstur linen namun tapi tetap nyaman karena pakaian juga memiliki karakter katun.

  6. KATUN FLANEL Seperti katun linen, katun flanel juga adalah jenis katun yang paling sering digunakan brand2 ternama untuk membuat kemeja. Bahannya sedikit lebih tebal dan memiliki tekstur agak berbulu tapi nyaman digunakan. Biasanya memiliki motif kotak-kotak.

  7. KATUN TWILL Jenis katun ini juga ga kalah populer dari yang lainnya. Teksturnya yang unik membuatnya sangat populer. Nah, khusus untuk info lebih lanjut tentang bahan twill bisa kunjungi artikel kita yang ini ya “Mengenal Lebih Jauh Bahan Twill, Jenis dan Penggunaannya”

  8. KATUN BAMBU Nah jenis katun ini cocok untuk yang kulitnya sensitif atau gampang alergi karena memiliki zat anti bakteri. Katun ini pun sangat ringan, elastis, lembut tapi kuat dan tahan lama.

  9. KATUN TOYOBO Katun ini masih digemari selama beberapa tahun ke belakang. Bahannya yang jatuh cantik tapi adem membuatnya tetap menjadi favorit dalam memproduksi gamis.

  10. KATUN MADINAH Ini juga Katun yang menjadi favorit dalam dijadikan hijab ataupun gamis. Teksturnya yang seperti linen tapi lebih lembut, jatuh dan adem adalah alasan mengapa bahan ini jadi favorit dalam digunakan menjadi gamis.



katun motif
Contoh Warna dan Motif Katun

Demikian artikel jenis-jenis katun kali ini. Semoga infonya bisa membantu dalam memutuskan ingin memakai jenis katun yang mana untuk kebutuhan kalian! Jika artikel ini membantu kalian, jangan lupa share di sosial media kalian ya! See you guys in the next #Kainspirasi blog!


PS: Jangan lupa! Jika kalian sedang mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, bisa langsung hubungi kain.id di 0811-8508-188 (Wa/Telp) untuk langsung konsultasikan kebutuhan kain kalian! KainExpert kami akan siap membantu dan pastinya belanja kain, kini gak ribet lagi!



6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page