Search

Kainpedia: Apakah Itu Kain Jacquard?

Updated: Mar 17

Halo semua balik lagi di kainspirasi blog! Mimin kali ini mau ngmgin kain yang namanya kain jacquard.. noo, bukan jaguar tapi jacquard.. koq namanya unik min? Iya nama kain ini diambil dari nama mesin tenun jacquard yang ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Prancis bernama Joseph Marie Jacquard pada tahun 1801. Itulah alasannya mengapa kain ini dikenal dengan nama Kain Jacquard.



Joseph Marie Jaquard

Ilustrasi Joseph Marie Jaquard

Kain Jacquard memiliki corak yang unik, dimana motifnya dibentuk dari variasi anyaman benang lungsi dan pakan yang kompleks (jadi bukan hasil print-an loh).


Baca juga : "Fashion Trend Spring & Summer 2021. Penasaran? Cek Disini"

Motif yang terdapat di kain Jacquard selalu terlihat unik karena cara pembuatannya. Pola yang terbentuk dihasilkan dari benang yang melewati "rantai kartu" atau holes punched card yang dimana satu "rantai kartu" itu mewakili satu baris pola kain. Keindahan alat tenun jacquard ada dalam kemampuannya untuk menjalin ratusan benang lungsi untuk menciptakan desain yang unik.


(Cara kerja mesin Jaquard klasik)

Nah maka dari itu Jacquard itu lebih dikenal sebagai jenis tenunnya, tapi bahan dasar sendiri biasa dibuat dari benang katun, sutra, wol, linen dan campuran. Semua tergantung dengan kebutuhan dan garmen apa yang ingin dibuat. (Baca juga : "10 Jenis Kain Katun yang Menguasai Pasar Tahun 2020")



Karakteristik Kain Jacquard


Kain Jacquard memiliki penampakan yang berkilau sehingga membuatnya terlihat cantik dan mewah. Maka dari itu sering digunakan untuk membuat long dress yang berkualitas. Selain tampak mengkilap, kain Jacquard juga ringan dan fleksibel, sehingga cocok untuk dibuat berbagai jenis dress wanita. (Baca juga : "BAHAN RAYON: BAHAN KAIN PENGGANTI SUTRA")



(JAQUARD-4081 by kain.id)
(JAQUARD-6442 by kain.id)

Perawatan Kain Jacquard


Karena kain ini berkualitas tinggi, perawatannya pun membutuhkan perhatian khusus. Karakteristiknya yang ringan membuat kain ini rentan rusak. Kebanyakan agar kain ini lebih awet pencucian nya lebih baik dikucek dengan tangan atau bahkan harus memakai dry-cleaning. Hindari memakai pemutih. Setelah dicuci, jangan diperas, diangin2kan saja dan hindari terkena sinar matahari secara langsung.


Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini di pasaran banyak sekali ditemukan kain Jacquard yang sudah diproduksi dengan menggunakan mesin modern. Jadi, corak dan spesifikasi kainnya jadi lebih beragam. (Baca juga :"Yakin Kain Organik Lebih Ramah Lingkungan??? Yuk, Check Faktanya!")


Okay, segitu dulu aja. Semoga informasinya bermanfaat dan sampai jumpa di kainspirasi blog berikutnya!



31 views0 comments