Search

Be a smart buyer! Lima hal berikut wajib kamu perhatikan sebelum berbelanja kain!



Halo semua, kembali di#kainspirasi blog! Blog seputar dunia tekstil, tren dan juga tips dan trik edukatif persembahan kain.id!


Di edisi kali ini kainspirasi mau bagi-bagi tips nih buat kalian yang mau belanja atau membeli kain. Baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk usaha kalian, agar kalian tidak salah beli atau kena tipu oleh penjual atau toko kain yang nakal.


Baca juga : "Fashion Trend Spring & Summer 2021. Penasaran? Cek Disini"

Pertama, ada baiknya kenali dahulu istilah-istilah nama kain yang bermacam-macam dan riset bahan yang pas untuk kreasi kamu. Dunia tekstil itu luas banget. Jenis, varian bahkan istilah di dunia tekstil juga banyak sekali. Orang mudah sekali tertipu dengan nama produk yang sebenarnya berbeda dengan apa yang kita maksud.


Kedua, Jangan termakan harga murah dan gimmick marketing. Harga yang jauh lebih murah itu mencurigakan loh. Ada banyak cara untuk menciptakan harga murah di dunia tekstil, seperti misalnya: mengurangi jumlah benang yang dipakai, mengabaikan limbah produksi yang dapat berakibat buruk pada alam dll. Bandingkan dahulu harga dan kualitas dari beberapa tempat, agar kamu mendapat hasil yang lebih maksimal untuk kreasimu. Intinya, ada harga, ada barang!


Baca juga : "10 Jenis Kain Katun yang Menguasai Pasar Tahun 2020"

Ketiga, biasakan beli sampel dulu. Kenapa? Karena dengan membeli sampel dulu, kalian bisa mengetahui kualitas nya saat sudah dibuat menjadi produk kalian. Selain kualitas, kalian juga jadi mengetahui berapa banyak bahan yang diperlukan untuk membuat produk kalian. Jadi meminimalisir kesalahan yang terjadi saat produksi.




Keempat, kenali satuan pengukur kain. Biasanya kain diukur menggunakan satuan yard, meter atau kilogram. Yard dan meter biasa digunakan untuk kain woven alias kain yang tidak stretch, karena panjangnya tidak akan menyusut. Sedangkan kilogram (kg) digunakan untuk kain knitting yang karakternya bisa stretch. Jangan sampai terbalik ya.


Baca juga : "Mengenal Lebih Jauh Bahan Twill, Jenis dan Penggunaannya"

Kelima, perhatikan juga service aftersalesnya. Jika ternyata ditemukan cacat pada kain, seberapa berani si penjual bertanggung jawab terhadap barang yang kamu beli? Di kain.id, kamu punya waktu 3 hari kerja untuk retur kain jika ditemukan ada cacat pada kain yang sudah kamu beli, dengan catatan, kain tersebut belum dipotong ya! Keren banget kan!


Baca juga : "BAHAN RAYON: BAHAN KAIN PENGGANTI SUTRA"

PS: Jangan lupa! Jika kalian sedang mencari supplier kain yang trusted dan berkualitas, bisa langsung hubungi kain.id di 0811-8508-188 (Wa/Telp) untuk langsung konsultasikan kebutuhan kain kalian! KainExpert kami akan siap membantu dan pastinya belanja kain, kini gak ribet lagi!

Follow Facebook dan Instagram kita di @kain.idofficial untuk mendapatkan promo dan update terbaru dari Kain.id





46 views0 comments