top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

KAIN CERUTI : Yuk, Kenali Karakteristik dan Penggunaanya!



Hai, balik lagi di Kainspirasi blog! Blog inspiratif yang membahas seputar dunia tekstil, tren dan tips and trick edukatif.


Hari ini mimin mau bahas soal kain yang terkenal banget di pasaran, namanya kain ceruti. kenapa mimin pengen bahas kain ini? Salah satu alasannya karena kain ini ga pernah sepiii orderan apalagi sebentar lagi menyambut bulan ramadhan yaa.. permintaan kain ini biasa makin banyak! Yak, kain ceruti ini sangatlah populer sebagai bahan busana muslim.


Lalu kain apa sih ceruti ini?


Kain Ceruti adalah kain yang terbuat dari polyester, yang memiliki ciri-ciri seperti sifon (sering dibilang turunannya sifon) dan memiliki tekstur mirip dengan lemonskin (untuk mengenal lemonskin lebih jauh bisa lihat artikel ini, "KAIN LEMONSKIN : Yuk, Kenali Karakteristik dan Penggunaanya!" ). Mother company Kain.id, Buana Talimas Textile mempopulerkan kain ini di Indonesia pada sejak tahun 90an loh!


Kain ini biasa digunakan menjadi gamis karena lembut dan jatuh saat digunakan. Sehingga terlihat lebih cantik dan elegan. Kain ini juga terlihat premium, tapi memiliki harga yang terjangkau oleh semua kalangan.



Perawatan kain ini pun cukup mudah karena tidak gampang melar dan warnanya pun tidak mudah luntur, dan meskipun kain ini terlihat tipis, tapi ternyata kuat dan tidak mudah robek/rusak.


Selain kelebihan diatas, ternyata ceruti ini memilki kekurangan juga, kain ini tergolong tipis meskipun kuat dan juga mudah mengkerut saat disetrika, karena tidak terlalu bagus menahan panas, secara kan doi terbuat dari poly ya.. jadi gak bisa panas-panas kalo disetrika.



Cukup dengan kelebihan dan kekurangan, mimin mau jelasin juga jenis-jenis ceruti yang ada di pasaran biar kalian ga bingung dan salah info

  • Ceruti Premium Ceruti Premium memiliki karakter umum kain ceruti yaitu lembut dan halus, jatuh ketika dipakai. Kelebihan kain ini tidak mudah rusak. Meskipun tekstur kain berserat, ceruti premium tetap lembut dan halus ketika diraba. Tetapi, kain ini memiliki kelemahan yaitu sedikit menerawang. Ceruti Premium pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan gamis dan jilbab.

  • Ceruti Georgette Ceruti Georgette memiliki sifat kain mirip ceruti premium. Kedua jenis kain ini memiliki tekstur lembut sehingga keduanya nyaman ketika dipakai. Kelemahan kain ini adalah dipasaran banyak beredar jenis KWnya. Sehingga bagi yang tidak jeli dan kurang mengerti akan sulit membedakan antara yang asli dan palsu.

  • Ceruti Babydoll Ini adalah jenis ceruti yang paling banyak dicari belakangan ini. Ceruti Babydoll sangat cocok di pakai oleh kamu yang suka bekerja di dalam ruangan (indoor), karena kain ini tidak mudah kusut. Namun, kain ini kurang cocok di pakai oleh kamu yang suka bekerja mobile dengan aktivitas tinggi, karena kain ini kurang baik dalam menyerap keringat. Sifat lentur dan lembut juga ada di kain satu ini sehingga nyaman pada kulit ketika di pakai.

  • Ceruti Diamond Ceruti diamond memiliki karakteristik berbeda dengan kain ceruti pada umunnya. Namun perbedaannya tidak terlalu jauh, ceruti diamond memiliki masa lebih ringan daripada ceruti pada umumnya. Kain ini juga mudah dibentuk, dan sejuk ketika dipakai. Tekstur kain yang tidak rata membuat kain ini tidak licin, tetapi lembut ketika disentuh.

  • Ceruti Ultimate Ceruti ultimate mirip dengan ceruti lainnya. Namun, ceruti ultimate memiliki kelebihan, yaitu kain yang memiliki harga terjangkau dan ekonomis. Sehingga kain ini banyak digunakan sebagai bahan jilbab, pashmina, rok, dan gamis.

  • Ceruti Amunzen Jenis ceruti amunzen dalam dunia fashion muslim banyak digunakan sebagai bahan pembuatan cadar. Kain ceruti amunzen yang memiliki sifat mudah menyerap keringat sangat cocok sekali digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. Selain mudah menyerap keringat, kain ini memiliki sifat sejuk dan jatuh ketika dipakai. Namun, kekurangan kain satu ini sedikit menerawang, sehingga jika di gunakan sebagai pakaian harus ada pelapis dalam busana tersebut.

Nah itulahhh beberapa informasi tentang kain ceruti dari mimin. tentunya buat kalian yang mencari bahan kain untuk gamis, atau bahan kain untuk hijab bisa banget nih pakai kain yang satu ini.



Di Kain.id kalian bisa menemukan kain ceruti kualitas terbaik dengan jaminan harga terbaik. cukup hubungi admin kami di 0811-8508-188 (wa/call).


Demikian kainspirasi edisi kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Follow Facebook dan Instagram kita di @kain.idofficial untuk mendapatkan promo dan update terbaru dari Kain.id!

8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page