Search

Tips Menghitung Cost Produksi Garmen Anda


Halo semua kembali lagi di kainspirasi blog! Di edisi kali ini kainspirasi ingin bagi-bagi tips buat kalian yang ingin memulai bisnis garmen tapi masih bingung cara menghitung cost produksinya gimana. Sangat penting buat kalian untuk tau cost produksi dalam membangun brand kalian. Selain untuk menentukan harga, hal ini juga berguna untuk menentukan target market yang tepat untuk produk kalian. Jika semua ini sudah tepat, tentunya brand kalian perkembangannya akan semakin terarah, sehingga cepat naik dan dikenal.

Baca juga : "Fashion Trend Spring & Summer 2021. Penasaran? Cek Disini"

Pertama sebelum kita mulai hitung-hitung, ada baiknya kalian menentukan hal berikut terlebih dahulu:

  • Tentukan jenis garmen apa yang ingin kalian buat. apakah itu baju atasan, celana, dress, gamis, outer dan lain-lain.

  • Setelah kalian menentukan jenis garmen yang ingin dibuat, jangan lupa kalian harus membuat desainnya. mimin yakin kalian tentunya uda jago bikin desain kreasi kalian sendiri ya kaan.

  • Setelah itu kalian tentukan ingin memakai jenis kain, aksesoris, kancing dan berbagai bahan lain yang ingin kalian pakai di desain tersebut tersebut.

Disaat kalian sudah tau kain apa yang kalian ingin pakai, saatnya untuk cari tau berapa kisaran harga kainnya. kita ambil contoh katun linen dengan harga 22ribu/yard yaa..

Misalkan kita ingin membuat mini dress dengan model seperti diatas perkiraan bahan yang dibutuhkan sekitar 3.5 yard dengan biaya jahit di angka 20rb (biasa akan lebih murah tergantung banyaknya baju yang dibuat)

(3.5 yard x 22rb) + 20rb (biaya jahit) + 3000 (kancing) + 5000 (packaging)= Rp 105.000

Nah jadi berdasarkan perhitungan diatas bisa diketahui bahwa biaya untuk membuat satu mini dress adalah Rp 105.000. Nah, sekarang kamu bisa tentukan profit margin yang kamu inginkan berapa dan harga jualnya berapa. Pastinya segala ongkos tambahan seperti transport dan cost apapun yang kamu keluarkan untuk produksi baju tersebut juga bisa kamu tambahkan kemudian dibagi rata dengan jumlah baju yang kamu produksi!


Misalnya, ada ongkos kirim barang dari vendor kamu 100.000 untuk 100 baju, nah berarti cost produksi kamu akan bertambah 1000 untuk setiap baju (100.000/100=1000), sehingga total produksi kamu jadi 106.000. Gituu..Gampang banget kaaan?


Sekian tips dari kainspirasi kali ini. Semoga tips ini bisa membantu kamu yang berpikiran ingin mulai membuka bisnis garment. Untuk info atau konsultasi lainnya bisa juga hubungi kami di 0812-8888-608 (wa/call). Sampai jumpa di kainspirasi berikutnya

151 views0 comments