top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

Mengenal Organza, Kain Unik di Pembukaan Tokyo Olympics 2021

Updated: Feb 14, 2023

Mengenal Organza, Kain Unik di Pembukaan Tokyo Olympics 2021.

Yuk, kenalan sama bahan favorit busana pesta yang mendadak tenar gara-gara Olimpiade!




bahan organza
kain organza

Organza Itu Apa Sih?

Organza merupakan bahan yang berasal dari Prancis yang memiliki tekstur berjaring. Kain yang biasanya terbuat dari serat polyester/nilon atau campuran keduanya ini dianggap mewah dan sering digunakan dalam acara-acara formal baik karena terlihat sangat estetik.


Karakteristik Kain Organza

Layaknya kain yang dibuat dari bahan polyester dan nilon, kain ini bergramasi kecil, halus, mudah mengembang, ringan dan memiliki kilau transparan yang mewah. Namun, sifat-sifat ini juga membuat kain Organza sangat mudah rusak sehingga harus dicuci menggunakan tangan dengan hati-hati dan harus disetrika menggunakan suhu paling rendah.

Kegunaan Kain Organza

Selain jadi favorit untuk berbagai kegunaan pesta seperti yang telah disebutkan di atas, bahan ini juga biasa dipakai untuk outer luaran seperti jilbab, kebaya, bridal veil, lapisan luar rok balon, penghias headdress, bahkan sampai upholstery seperti tirai dan kelambu tempat tidur, lho!



Kain Organza Sekarang

Di Indonesia tren ini sempat marak beberapa tahun terakhir (thanks to social media), walaupun akhir-akhir ini sudah mulai tergantikan oleh kain jenis Crepe. Di luar sana, bahan Organza mulai jadi buah bibir dunia fashion lagi lantaran jadi bahan utama "Cotton Candy Dress" yang wow banget, rancangan desainer Jepang; Tomo Koizumi yang dikenakan artis MISIA saat tampil di pembukaan Tokyo Olympics 2021! Gemes banget ya dressnya! Kira-kira kamu bakalan bikin apa nih dengan kain organza?

Demikian kainspirasi edisi kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!


Follow Facebook dan Instagram kita di @kain.idofficial untuk mendapatkan promo dan update terbaru dari Kain.id!

82 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page